Sabtu, 19 Januari 2013

MAKALAH KOMPUTER │ FhawZhand



PENDAHULUAN 

Komputer merupakan alat yang di gunakan untuk mengolah data sesuai dengan prisedur yang di rumuskan. Komputer bersal dari kata comput yang artinya menghitung. Pada dasarnya, prinsip kerja kompuetr sama dengan perhitungan aritmatika.

PENGERTIAN KOMPUTER
Definisi Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena  luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer. 
  1. Menurut Hamacher, komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  2. Menurut Blissmer, komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    1. menerima input
    2. memproses input tadi sesuai dengan programnya
    3. menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
    4. menyediakan output dalam bentuk informasi
  3. Sedangan Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

SEJARAH KOMPUTER
            Sejak dulu manusia telah melakukan proses pengolahan data, manusia juga menemukan alat-alat yang diguankan untuk membantu mereka dalam mengolah data tersebut dengan lebih cepat dan efisien. Komputer yang kita temui saat ini merupakan evulusi dari alat-alat yang ditemukan oleh para manusia terdahulu. Menurut periodenya, komputeer dapat di bagi mnjadi :
1.      Alat hitung tradisional atau kalkulator mekanik
a)      Abacus (sempoa), ditemukan skitar 5000 tahun yang lalu di asia kecil dan dianggap awal dari proses komputerisasi.
b)      Pascaline, ditemukan oleh Blaise Pascal (1623-1662). Adalah calculator roda numeric yang hanya bisa melakukan penjumlahan. Tahun 1694, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716)  manyempurnakan Pascaline sehingga dapat melakukan proses pengalian. Tahun 1820 barulah lahir kalkulator mekanik yang bisa melakukan penghitungan aritmatika dasar, di temukan oleh Xavier Thomas de Colmar.
c)      Analytical Engine , ditemukan oleh Charles Babbage (1791-1871). Alat ini menggambarkan elemen dasar dari computer. Analytical Engine Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, disain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. 

2.      KOMPUTER GENERASI PERTAMA
 Komputer Generasi pertama menggunalkan program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language) dalam setiap pengoprasiannya. Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.

3.      KOMUTER GENERASI KE DUA
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya.

4.      KOMPUTER GENERSI KE TIGA
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC:integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

5.      KOMPUTER GENERASI KE EMPAT
Setelah computer genersi ke 3, di temukan lah Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukuran setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan kehandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang 
sangat kecil. Setelah itu Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC), kemudian Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).     Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.


BAGIAN BAGIAN KOMPUTER

Seprti yang kita ketahui, komputer terditi dari 3 bagian utama. Yaitu :
1.      HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware atau perangakat kaeras merupakan bagian-bagian yang bisa kita lihat seperti :
·         CPU (central processing unit)
·         Monitor
·         Mouse
·         Keybord
·         Printer
·         Hard drive, dsb.
·          

2.      SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Software atau perangkat lunak adalah program-parogram yang ada pada computer itu sendiri, termasuk juga system operasi yang digunakan oleh suatu kaomputer.

3.      BRAINWARE (PENGGUNA)
Brainware merupakan pengguana dari computer itu sendiri.
 

 PRINSIP KERJA KOMPUTER
INPUT-PROSES-OUTPUT

SUMBER :

COMPUTER/LAPTOP/NOTEBOOK

0 komentar:

Poskan Komentar