Sabtu, 19 Januari 2013

Makalah Psikologi Perkembangan Pada Anak




BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Psikologi
Psikologi berasal dari kata psyche yang artinya jiwa dan logos ilmu pengetahuan. Mengingat jiwa seseorang dapat diketahui, diselidiki melalui prilakunya, maka psiokologi dikatakan Ilmu yang mempelajari prilaku manusia. Karena prilaku seseorang adalah hasil interaksi antara dirinya dengan lingkungan maka prilaku harus dipelajari dalam hubungan dengan lingkungannya.

Pada dasarnya pengertian Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua tingkah laku dan perbatan individu, dalam mana individu tersebut tidak dapat dilepas dari lingkungan. Namun menurut J.B. Watson, 1878 menyebutkan bahwa Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku karena ilmu pengetahuan yang menghendaki obyeknya dapat diamati, dicatat dan diukur, jiwa dipandang terlalu abstrak dan hanyalah salah satu aspek kehidupan individu.

Spesifiknya psikologi dibagi menjadi 2 yakni psikologi umum dan psikologis khusus :

a) Psikologis umum ialah psikologis yang menyelidiki dan mempelajari kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas psikis manusia pada umumnya yang dewasa, yang normal dan beradab (ber-kultur).
b) Psikologis khusus ialah psikologis yang menyelidiki dan mempelajari segi-segi kekhususan dari aktivitas – aktivitas psikis manusia. Psikologis khusus ini ada bermacam-macam, antara lain :

1) Psikologis perkembangan, yaitu psikologis yang membicarakan perkembangan psikis manusia dari masa bayi sampai tua, yang mencakup :
  • Psikologis anak (mencakup masa bayi).
  • Psikologis puber dan adolesensi (psikologi pemuda).
  • Psikologis orang dewasa.
  • Psikologis orang tua.

2) Psikologis social, yakni psikologis yang khusus membicarakan tentang tingkah laku atau aktivitas-aktivitas manusia dalam hubungannya dengan situasi social.
3) Psikologis pendidikan.
4) Psikologis kepribadian dan tipologi.
5) Psikopatologi.
6) Psikologi criminal.
7) Psikologi perusahaan.

A. Psikologi Perkembangan Anak
Psikologi perkembangan anak adalah ilmu yang mempelajari prilaku seorang individu. Jika kita berbicara tentang Psikologi perkembangan anak pastilah akan berbicara pula tentang ciri - ciri perkembangannya. 

Menurut Anna Freud ada 4 perbedaan penting ciri perkembangan psikologi anak yaitu :
  1. Anak bersifat egocentris.
  2. Organ seksual dari anak belum berkembang sempurna.
  3. Pada anak-anak (usia kurang dari 7 tahun) proses berpikirnya banyak dipengaruhi dorongan keinginan dan fantasinya.
  4. Pada anak waktu ditentukan oleh dominasi dari Id dan Ego.
Sumber:
http://zempat.blogspot.com/

0 komentar:

Poskan Komentar